Templates by BIGtheme NET
Home » Iptekes » Mobil Tata Surya Pertama Di Asia Tercipta Dari Printer 3D

Mobil Tata Surya Pertama Di Asia Tercipta Dari Printer 3D

Mahasiswa di Nanyang Technological University (NTU) membangun mobil pertama mereka dengan energi penggerak bersumber dari tata surya.

beec345ad86a9ca23ae1caa5ff47afb6

Pada suatu masa mendatang kendaraan dengan konsep hijau (green) akan bermunculan di berbagai penjuru dunia. Kita mengenal Tesla dengan mobil listrik mewahnya, lalu ada Toyota, Nissan dan Hyundai yang juga mengeluarkan produk mobil ramah lingkungan.

Terakhir, perusahaan baru dan berkembang asal Amerika bernama Local Motor dengan produk mobil cetak 3D-nya tetapi kini kabar baru datang dari sekumpulan mahasiswa di Nanyang Technological University (NTU) yang membangun mobil pertama mereka dengan energi penggerak bersumber dari tata surya atau matahari.

e21d6ae734c951ee0bc9ecd7271d1b67

Mereka menyebut mobil ciptaannya dengan NTU Venture (NV) 8. Secara desain, fisik NV8 menghadirkan penampilan futuristic, didukung bodi yang dicetak melalui mesin cetak 3D serta disokong oleh kerangka karbon. Sedangkan, desainer menempatkan beberapa panel surya untuk “menyerap” sinar matahari lalu dikonversikan menjadi daya penggerak roda.

Top speed yang mampu dihasilkan NV8 mencapai sekitar 60 km / jam (37 mph). Tergolong lambat untuk ukuran mobil listrik, Hmm. Tapi ingat, NV8 diciptakan bukan untuk digunakan di jalan bebas hambatan melainkan untuk mobilitas di area dalam kota yang notabenenya, memiliki batas kecepatan tertentu.

e7a9dc09c8116220c62ac70b947dd260

Interior tampil sederhana dan terbuat dari material plastik. Namun, para desainer dan insinyur mengatakan mereka tetap menciptakan kenyamanan bagi pengguna walaupun hadir dengan nuansa sederhana.

“Kami sangat bangga telah mampu merancang dan merakit mobil listrik dengan proses produksi mengunakan mesin cetak 3D, dan mungkin ini merupakan yang pertama di Singapura serta di Asia,” kata Prof Ng.

Tidak hanya satu mobil listrik yang terlahir dari NTU, namun pada level berbeda terdapat NV9 yang merupakan mobil dengan konsep single seater, toga roda. NV9 hadir dengan sangat memerhatikan lingkungan dan nilai efisiensi. Wow! Mantab. (Ristu)