Templates by BIGtheme NET
Home » Iptekes » Perusahaan Amerika membuat Transformer Truk yang bisa terbang

Perusahaan Amerika membuat Transformer Truk yang bisa terbang

fig21

Advanced Tactics Inc., sebuah perusahaan aerospace di Amerika, menciptakan sebuah kendaraan yang memadukan antara truk dengan helikopter. Kendaraan ini diberi nama “The Black Knight Transformer”. Proyek pembuatan teknologi kendaraan AT Transformer ini telah dimulai sejak tahun 2010, namun spesifikasi detail mengenai “truk yang dapat terbang” tersebut baru dirilis hari Rabu lalu (8/1/2014).

Teknologi kendaraan ini bisa jadi merupakan kendaraan pertama yang dapat berjalan di darat sekaligus alat transportasi udara yang dapat melakukan take-off dan pendaratan secara vertikal. Sepintas bentuknya seperti truk yang memiliki 4 buah ban yang dapat mengangkut kargo, dan memiliki baling-baling sehingga dapat terbang seperti helikopter. Teknologi ini memang memadukan antara kemampuan helikopter yang dapat take-off dan mendarat di manapun serta kemampuan kendaraan berjalan di darat. Uji coba kendaraan ini telah dilakukan pada bulan Desember 2013 di Kalifornia Selatan dan rencananya akan mulai “terbang” di awal tahun 2014 ini.

Teknologi ini dirancang untuk misi evakuasi korban dan misi kargo berawak maupun tanpa awak. Volume di dalamnya sebanding dengan helikopter Blackhawk. Salah satu sektor yang dapat menggunakan kendaraan ini kemungkinan adalah sektor militer.

sumber