Templates by BIGtheme NET
Home » Iptekes » Rusia beambisi buat Rudal yang bisa capai apa pun di bumi dalam 1jam

Rusia beambisi buat Rudal yang bisa capai apa pun di bumi dalam 1jam

rudal-barurusia

Moskow – Departemen Pertahanan Rusia, mengatakan, Rusia terpaksa merancang rudal yang harus mampu mencapai target apa pun di bumi dalam waktu satu jam. Ambisi itu untuk menyangi rudal non-nuklir Amerika Serikat yang diklaim memiliki kemampuan
seperti itu.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yuri Borisov, mengatakan, Rusia terpaksa mencocokkan doktrin perlombaan senjata dunia atau Conventional Prompt Global Strike (CPGS) yang dirancang Amerika Serikat (AS).

”Rusia mampu dan harus mengembangkan sistem serupa,” kata Yuri Borisov dalam diskusi publik tentang program persenjataan Rusia untuk dekade dari 2016-2025.

”Tapi sebagian besar kami akan berkonsentrasi untuk melawan CPGS, doktrin militer kita adalah defensif,” lanjut Borisov, seperti dikutip RT , Jumat (12/9/2014).

Tapi, dia membantah jika Kremlin sedang bersiap untuk adu senjata dalam Perang Dingin dengan negara-negara Barat. (Baca: Lawan AS dan NATO, Rusia Kembangkan Rudal Nuklir Terbaru ).

”Ini bukan dalam rencana ini, dan saya berharap tidak akan pernah terjadi,” kata Borisov.

“Kami hanya ingin melindungi penduduk sipil kami dari ancaman luar,” imbuh dia.

Konsep CPGS pertama kali secara eksplisit dinyatakan dalam dokumen resmi AS selama pemerintahan George W. Bush. Konsep itu menjadi dasar ambisi AS untuk menciptkan senjata rudal jenis hipersonik. Tujuannya, untuk menembak target apa pun di bumi dalam waktu cepat.

Program itu telah memicu kekhawatiran yang cukup besar dari Moskow dan Beijing. Rusia, seperti disampaikan Presiden Vladimir Putin, telah bersumpah untuk mengembakan rudal nuklir terbaru untuk melawan ancaman AS dan NATO. (kholid/dbs)