Templates by BIGtheme NET
Home » Ilmu Falak » Astronomi » Tahun 2016, Indonesia Akan Alami Gerhana Matahari Total

Tahun 2016, Indonesia Akan Alami Gerhana Matahari Total

Gerhana-Matahari-Total

Bagi komunitas fotografi yang hobi berburu gambar-gambar peristiwa terjadinya gerhana baik gerhana bulan atau gerhana matahari, maka tahun 2016 peristiwa penting diperkirakan akan terjadi di negeri ini. Pada 9 Maret 2016 diprediksi akan terjadi peristiwa alam yang sangat langka, yakni gerhana matahari total.

Tak hanya ilmuwan, masyarakat umum pun pasti akan tertarik untuk menyaksikan peristiwa yang belum tentu terjadi setiap satu decade sekali. Sehingga di luar negeri, gerhana matahari adalah potensi wisata yang besar. Wisata gerhana menjadi hal lazim di dunia pariwisata, terutama luar negeri. Ada banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan tur gerhana matahari, walaupun masih didominasi agen perjalanan asing.

Gerhana tersebut nantinya diperkirakan akan dapat dilihat secara sempurna oleh masyarakat yang tinggal di sejumlah kota seperti Palembang, Palangkaraya, Palu, dan Halmahera. Kejadian GMT ini diprediksi akan menarik minat bukan saja masyarakat umum melainkan juga masyarakat imilah dari dalam dan luar negeri. Hal itu pernah disampaikan oleh epala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Prof Dr Thomas Djamaluddin pada 24 April 2014 saat mengumumkan GMT yang akan terjadi tersebut, peristiwa langka ini belum dapat disaksikan kembali dalam 40 tahun ke depan.

Perfect Ring of Fire

Ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk meraup devisa yang besar jika dapat mengelola potensi pariwisata yang langka ini. Masih ada  setahun lagi untuk mempersiapkannya, baik pemerintah maupun masyarakat lokal yang diprediksi akan dilalui oleh gerhana tersebut.