Templates by BIGtheme NET
Home » Iptekes » Tidak Lama Lagi Jogjakarta Punya Lahan Parkir Portable

Tidak Lama Lagi Jogjakarta Punya Lahan Parkir Portable

Pemerintah DIY bakal membangun lokasi parkir layak dan tertata rapih dengan membuat parkir bertingkat dua alias portable. 

7bc67353f01e46355dc1d80b43968216

Masalah lahan parkir kendaraan bermotor seringkali menjadi duri dalam daging, keterbatasan lahan menjadi salah satu penyebabnya. Memahami hal ini dapat menjadi problem bagi kelancaran arus lalu lintas, dan pemandangan kota. Sebab itu Pemerintah Daerah DIY dan pihak terkait berencana membangun lokasi parkir terpadu dengan konsep bertingkat alias portable.

Program pembangunan lokasi parkir terpadu portable adalah salah satu rangkaian dari tiga skema penataan kawasan pedestrian Malioboro dalam masa transisional, salah satunya dengan membebaskan Alun-alun Utara dari parkir kendaraan pada tahun ini.

375ac1470e74471186eaac97393f9fd5

c54106d7cd6fbcf3e124404262445da2

Seperti kami kutip dari situs jogja.co, pemerintah setempat bakal membangun lokasi parkir layak dan tertata rapih dengan membuat parkir bertingkat dua alias portable.

Dalam keterangan persnya, Aman Yuriadijaya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemkot Jogja mengatakan, kendaraan yang biasa parkir di Alun-alun Utara akan dialihkan ke Taman Parkir Ngabean, dimana lokasi ini menjadi target pembangunan parkir portable.

Tambahan informasi, di dunia mungkin Jepang yang pertama kali menerapkan jenis Parkir potable sementara di Indonesia sudah diterapkan oleh Parkir Mobil Kencana di kompleks Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Gedung parkir dengan 12 lantai itu tidak mirip gedung biasa, karena lebih mirip dengan sekumpulan rak seperti dalam lemari perkakas.

Nantinya, konsep parkir layaknya sebuah rak sepatu itu akan menampung sebanyak delapan unit mobil setiap lantainya. Dalam praktek parkir portable, pemilik mobil tidak perlu repot berkeliling mencari tempat kosong. Cukup meletakkan mobil di tempat yang tepat dibantu juru parkir, lalu mobil akan ditransfer dengan lift ke tempat yang aman dalam hitungan detik.

(Itu)