Templates by BIGtheme NET
Home » Berita » Umat Islam di Moscow Buat Masjid Keliling

Umat Islam di Moscow Buat Masjid Keliling

MOSCOW — Komunitas Muslim Moscow tak kehabisan akal dalam menyiasati minimnya masjid di Ibu Kota Rusia tersebut. Mereka menggelar penggalangan dana guna membuat masjid keliling.

“Hari ini dua juta Muslim di Moskow memaksimalkan empat masjid di kota,” tulis Alsu Khafis, pemilik ide masjid keliling, seperti dilansir Radio Free Europe, Sabtu (14/2).

Menurutnya, Moscow merupakan kota besar dengan jumlah penduduk beragama Islam yang cukup banyak. Namun, kapasitas masjid yang minim menyulitkan umat Islam beribadah.

Selama ini, umat Islam di Moscow terpaksa shalat di mal, rumah atau gudang yang tidak terpakai. Kendati sempat ada wacana pembangunan masjid, namun itu gagal terlaksana karena adanya penolakan pejabat pemerintah kota.

Adapun ide masjid keliling ini terilhami dari mobil trailer yang memiliki luas yang cukup untuk melaksanakan shalat. Apalagi di dalam mobil trailer itu terhadap ruang yang bisa disulap menjadi tempat wudhu.

Untuk memodifikasi mobil trailer, dibutuhkan 850 ribu rubel. Saat ini, sudah dua trailer yang tersedia dan bisa dimanfaatkan umat Islam dengan cara online.

Kepala Mufti Moscow, Ildar Alyadinov mengatakan, ide ini sangat menarik. Tapi tetap saja, masjid keliling ini tidak bisa menggantikan suasana masjid yang sebenarnya.(ROL)